Sunday 22 August 2010

Trojan Sebabkan Tragedi Kecelakaan Pesawat Spainair

MADRID - Pihak berwenang yang menyelidiki kecelakaan udara mematikan di Bandara Internasional Barajas, Madrid, Spanyol, pada tahun 2008 silam telah menemukan bahwa sistem pusat komputer yang digunakan untuk memantau masalah teknis pada pesawat itu terinfeksi trojan horse.

Menurut koran lokal setempat El Pais melaporkan, sebuah komputer di bandara seharusnya mengidentifikasi setidaknya tiga masalah teknis, yang secara teoritis dapat mencegah pesawat berangkat lepas landas.

Namun, sistem itu tampaknya menderita infeksi malware parah dan tidak berfungsi dengan baik.

"Tentu saja, penting untuk dicatat malware tidak menyebabkan pesawat mengalami gangguan Karena sesungguhnya malware sangat mungkin mempengaruhi sistem komputer," jelas pakar keamanan Sophos Graham Cluley, seperti yang dikutip Softpedia, Sabtu (21/8/2010).


"Sayangnya, kami tidak tahu nama malware yang dicurigai dalam kasus ini, sehingga sulit untuk komentar lebih lanjut," tambahnya.

Laporan akhir dari penyelidik kecelakaan diharapkan akan selesai pada bulan Desember.

Pada 21 Agustus 2008, pesawat milik maskapai Spanair ini jatuh saat berupaya take-off. Asap tebal pun membubung dari pesawat Boeing MD-82 bernomor penerbangan JK5022 yang hendak terbang ke Las Palmas, Canary Islands ini.
http://techno.okezone.com/read/2010/08/21/325/365214/trojan-sebabkan-tragedi-kecelakaan-pesawat-spainair
 

No comments:

Post a Comment